Express ur self with Selca!


Setiap waktu yang kita lalui memberikan warna dan kenangan tersendiri bagi diri kita. Adakalanya kita ingin mengabadikan saat-saat yang berharga tersebut. Salah satu cara mengabadikannya adalah dengan menyimpannya dalam bentuk foto. Yap, foto! Siapa yang gak tau foto? Siapa coba yang gak pernah difoto? Pasti pernah, kan? Mau difotoin orang atau foto sendiri yang penting pernah difoto, kan? Nah, kali ini saya bakal ngebahas tentang foto-foto.

Kalo biasanya model difotoin orang, nah gimana kalo foto-foto sendiri? Ya, jadi dua profesi sekaligus, model dan fotografer. Nah, ini namanya Self Camera atau lebih populer disebut dengan selca. Maksudnye, kita foto-foto sendiri gitu, gak pake profesional atau macem-macem. Selca itu natural, semacam foto pribadi gitu deh. Tapi ada juga yang bilang kalo selca itu foto pake tangan kita sendiri, gak pake tangan orang lain. Kayanya sih yang ini udah merebak, dan banyak yang ngelakuin. Tujuan dari selca itu banyak, mulai dari mau nunjukin sense of fashion, mau pamer rambut, muka, pamer bulu mata, pamer idung, pamer leher, pamer dagu atau sekedar narsis dan iseng doang. Niat orang kan bisa beda-beda. Kalo niatmu apa pengen selca? *ting ting*




Sebenernya, kalo diliat-liat udah banyak orang yang ngelakuin selca ini, bahkan kita pun pernah. Tapi jujur, saya baru tau kalo yang beginian itu namanya selca haha #kamesupay. Biasanya, istilah selca ini populer dikalangan para fans korea #hasil kepo blog orang. Selca itu pas banget buat yang narsis, yang mau mengekspresikan diri. Buat yang banci kamera tapi gak ada yang mau fotoin #miris, selca bisa jadi pilihan yang pas! Selca bisa diupload dan di share atau sekedar dibuat koleksi pribadi. It's ur choice :3

Kapan kita biasa selca? Kapan aja! It's up to you, because the camera is on ur hand! Bisa jadi pas momen-momen bersejarah, atau di tempat-tempat menarik. Misalnya pas lagi shopping, ngumpul bareng, jalan-jalan, lagi ada event tertentu bahkan pas mau tidur juga bisa. It's up to you.

Biar selca makin bagus, ini nih beberapa hal yang perlu diperhatiin : (biar saya jarang selca, tips ini didapat saat browsing dan liat foto-foto selca mwehehe :)


1.  Perhatikan Sudut/angle kamera
Kenapa harus merhatiin angle segala? Angle/sudut pengambilan itu penting loh. Ini penting untuk memfokuskan bagian mana yang mau disorot. Misalnya, kalo mau pamer aksesoris rambut, ambil gambar dari sudut atas kepala. Kalo mau nampilin mukanya, ambil gambar dari bagian depan/muka. Kalo mau liatin bagian samping, ambil gambar dari samping. Sesuaikan sama kebutuhan foto kita :D Mau darimana kita terlihat?

2. Perhatikan Cahaya
Cahaya juga merupakan salah satu unsur foto yang penting. Tanpa cahaya, fotonya gak keliatan. Kalo kebanyakan juga jadi gak jelas. Sekedar saran, lebih baik jangan foto membelakangi cahaya (kecuali mau bikin gambar siluet) dan jangan foto di dalam lemari, kolong kasur, tempat beras, dan tempat-tempat yang miskin cahaya. Tapi kalo mau bikin foto kesannya horor, ya itu lain lagi. Kalo foto didekat jendela atau di luar ruangan, lebih baik tidak usah menggunakan pencahayaan tambahan *kecuali mendung*. Seengaknya sediakan cahaya yang cukup sesuai kebutuhan foto kita.

3. Ekspresi-ekspresi!
Ekspresi juga penting! Yap ekspresi itu yang bikin 'feel' pada foto. Ekspresi sih terserah kalian yang mau foto mau gimana, yang penting enjoy lah. Mau sedih, seneng, marah atau ekspresi-ekspresi lucu.

4. Make a right pose
Yep! Berpose yang benar. Jangan berlebihan dan usahakan kamu nyaman dengan pose itu. Gak usah pose jungkir balik lah kalo gak nyaman. Posenya bisa sambil nengok, sambil say hi, sambil megang kamera, sambil duduk atau terserahlah. Yang penting gak berlebihan dan masih bisa diterima oleh mata.

5. Aksesoris
Ini sih buat tambahan, biar selca kita tambah bagus gitu. Tapi kalo cuma mau narsis doang sih, terserah.

6. Awas zoomnya!
Hati-hati dengan zoomnya. Jangan sampai terlalu over zoom. Apalagi kalo mau fokusnya ke muka. Jangan terlalu fokus/zoom ke muka. Kalo mau liatin muka, bisa juga dilihatin bagian leher ke bawah atau diliatin backgroundnya juga. Yang penting jangan muka doangan se frame. It'll look so wierd, u know.

Dan hal terakhir yang perlu dilakukan biar selca makin bagus adalah... latihan! Practice makes perfect. Meskipun nobody's perfect, seenggaknya, bisa tambah baguslah. Berselca sambil bereksperimen dan menumpahkan kreativitas.

Oiya, selca juga bagus buat di share loh! Buat yang punya minat di fashion, bisa upload dan share foto-foto selcamu dengan aksesoris fashionmu atau yang sekedar narsis bisa juga di share foto-fotonya (kalo minat). Tapi ingat, kalo sekiranya foto-foto selca kita yang terlalu berlebihan, dan mungkin gak layak tayang serta gak layak konsumsi publik, lebih baik jangan di share, cukup dijadikan koleksi pribadi untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan :D
Oiya, ini beberapa contoh selca :
Daiki (Hey Say Jump!)

Seung Ri (Big Bang)
Yamada (Hey Say Jump!)
Taeyoen (SNSD)
 Maap kalo fotonya boyband dan girlband, abis bingung mau foto siapa ><
Sekiranya segitu dulu posting tentang selcanya. Kalo ada yang kritik dan saran, silahkan leave a comment ^^  Thanks for reading *tiup debu*

Sumber :
http://snsdkorean.com/tag/selca/
http://www.allkpop.com/2012/03/big-bangs-seungri-shares-aegyo-selca
http://episkey-langlock.blogspot.com/2009/08/selca-ing-tips-for-that-ultimate.html
http://www.tumblr.com/tagged/chinen-yuri?before=1319260119
http://www.photographymonthly.com/assets/uploads/resources/jpg/panasoniclumix.jpg

Comments

  1. sy termasuk yg suka tuh selca.. abis kayaknya lebih enak.. kl di fotoin malah suka grogi.. :D

    ReplyDelete
  2. baru tau kalo selca itu foto yg kita lakuin sendiri.
    aku pikir selca itu apaan :o

    ReplyDelete
  3. Selca, self camera.. baru tau.. nice infoo :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts