Tivi dan Serial Tivi

Pernah nonton tivi? Suka nonton serial tivi? Nah, kali ini saya bakal ngebahasa dikit tentang serial tivi atau kalo di Indoneisa mah sinetron. Tapi kali ini yang bakal saya bahas adalah serial tivi dari luar negeri yang kian banyak bermunculan di televisi swasta negara kita ini. Mulai dari serial tivi detektif, horor ataupun drama korea yang memang lagi booming dewasa ini.

Sadar atau enggak, penayangan serial tivi dari luar negeri menjadi daya tarik tersendiri bagi pemirsa terhadap sebuah statsiun televisi. Kehadiran acara-acara dari luar itu dapat menaikan jumlah penonton suatu stasiun televisi, maka dari itu gak heran kalo sekarang makin banyak stasiun televisi yang menayangkan serial tivi luar negeri bagi para pemirsanya. Hal ini tentu saja menguntungkan para pemirsanya yang memang suka dengan serial tivi. Apa aja keuntungannya? Yuk mari kita cek!
1. Lebih Murah
Nonton serial di tivi emang jauuuuuuuuuh lebih murah bahkan gratis. Menyenangkan, bukan? Bandingkan jika kita mau menontonnya tapi harus membeli parabola yang harganya tidak murah, atau membeli dvdnya yang harganya juga ehem tidak murah untuk ukuran dvd. Pernah aku mensruvei *cielah* ke sebuah toko dvd, dan disana ada serial tivi kesukaanku, sontak langsung lari-lari penuh harap ke tempat dvd itu. Sebelum beli cek kocek dan harga dvdnya itu dong pastinya, setelah cek dan ricek aku taruh dvd itu ke tempatnya penuh rasa sedih setelah melihat harganya kurang lebih 400 rebu! 400 ribu! bu! bu! *biar dramatis*. Akhirnya aku pulang~  Dengan adanya serial tivi luar negeri di televisi kita secara gratis, lumayan kan bisa ngirit banyak. Tapi, kalau males nonton tivi, akhir-akhir ini banyak beredar dvd bajakan yang harganya jauh lebih murah daripada dvd yang asli yang harganya sekitar 6000 sampai 10000 per keping. It's up to u to choose :D

2. Lebih Aman
Kenapa lebih aman? Konten dari tayangan tersebut dapat lebih aman meskipun gak aman banget. Seenggaknya, udah disensor dulu kalau-kalau ada adegan yang tidak pantas dipertontonkan. Jadi tayangannya bisa lebih disesuaikan lah sama norma masyarakat.

3. Lebih Mudah Dimengerti
Maksud lebih mudah dimengerti itu bahasa yang digunakan. Karena ditayangin di Indonesia, jadi biasanya serial tivi tersebut sudah didubbing atau diberi subtitle berbahasa Indonesia. Nontonnya jadi terasa lebih menyenangkan dan mudah daripada kita menonton tanpa subtitle. Kalau ngerti bahasanya, kalau gak kan bingung -__-. Tapi menurut pendapatku, lebih enak kalau nonton acara dari luar yang bersubtitle daripada didubbing karena kalau disubtitle tidak mengubah suara dan keaslian filmnya terasa lebih keren gitu, meskipun jadi rada ketutupan dikit gara-gara tulisannya.

Tetapi dibalik segala keuntungan itu, ada juga loh kerugian dan ketidaknyamanan dalam menonton serial tivi luar negeri di tivi. Berikut beberapa kerugiannya:

1. Banyak Iklan
Ini nih salah satu hal yang memuakan saat kita nonton tivi. IKLAN! Yap iklan yang bergandeng kaya truk gandeng ini memang bisa jadi menganggu kalau terlalu banyak. Filmnya mah cuma setengah jam, iklannya juga ikutan setengah jam.

2. Kebanyakan diulang-ulang
Kalo kita nonton di tivi, gak jarang kalau per episode suka diulang-ulang dan alhasil ceritanya itu gak tuntas. Kadang udah di puncak klimaks, eh ceritanyan diulang lagi dari episode awal. Gak abis-abis tuh cerita. Tau-tau ilang aja acaranya digantiin sama acara lain.

Menurutku, itulah beberapa keuntungan dan kerugian menonton serial tivi asal luar negeri di televisi. Semuanya terserah kalian mau nonton dimana. Ini cuma referensi, kalo lebih suka pake tivi kabel atau dvd, it's okay and no problem *yaiyalah bukan masalahmu az, emang ente siape az?*

Dan inilah beberapa serial tivi yang ada di Indonesia yang pernah aku tonton :






Adakah yang tau serial tivi itu ditayangkan di stasiun televisi mana? he he.



Comments

  1. Aku juga sangat suka serial-serial tv yang itu! tapi memang lebih baik gak nonton tv az, kata bu ifat, jadi susah konsentrasi dlm waktu cukup lama hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jg sih Jan. Kalo kebanyakan gak bagus jg.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts