I am a superior gene! - Gattaca Movie Review

Gen?
Kita semua pasti sudah pernah dengar kata 'gen'. Gen merupakan lokus atau 'daerah' pada DNA yang mengkode protein atau RNA fungsional, yang nantinya setiap protein tersebut akan memiliki fungsi-fungsi khusus pada tubuh.

Film Gattaca merupakan salah satu film science fiction yang diproduksi pada tahun 1997. Seperti kalimat pembuka di review ini, Gattaca mengisahkan tentang genetic engineering dan genetic testing yang terjadi di masa depan. Gattaca merupakan singkatan dari basa penyusun DNA, yaitu guanine, adenine, thymine, dan cytosine.

Judul Film : Gattaca
Tahun produksi : 1997
Sutradara : Andrew Niccol
Pemain : Ethan Hawke, Uma Thruman, Jude Law, Loren Dean, Ernest Borgnine, Gore Vidal, Alan Arkin


Di masa depan, dengan kemajuan teknologi, kita dapat menentukan bagaimana keadaan bayi yang kita inginkan, alias kita bisa 'design babies'. Akhirnya, banyak orang yang memilih mempercayakan calon-calon bayi mereka di tangan pada ilmuwan, dengan membuang gen-gen yang dianggap buruk, sehingga anak-anak mereka dapat menjadi anak-anak yang mendekati kesempurnaan dan tanpa cacat atau kekurangan. Dalam film, ini, Vincent (Ethan Hawke) merupakan seorang yang lahir tanpa rekayasa genetik. Vincent sejak kecil sudah melalui genetic testing dan dinyatakan memilki kemampuan fisik dan mental yang kurang baik, bahkan diprediksikan hanya akan bertahan hidup hingga usia 30 tahun. Akhirnya, orang tua Vincent memutuskan untuk merencakan kehamilan selanjutnya melalui proses rekayasa genetika dengan harapan dapat memilki anak yang lebih 'baik' dari anak pertamanya.

Di masa itu, saat rekayasa genetik sudah marak, orang-orang yang lahir tanpa rekayasa genetik dianggap in-valid, atau inferior, karena dianggap masih membawa gen-gen buruk. Sehingga, pada 'in-valid' biasanya hanya menjadi pekerja rendahan, dan sulit untuk masuk ke posisi yang tinggi dan penting. Vincent memilki mimpi untuk menjadi astronot di Gattaca, namun pada masa itu, diadakan tes genetik sebagai kualifikasi untuk masuk sebagai pegawai di Gattaca. Mengetahui bahwa ia tidak akan lulus tes, Vincent mencari cara agar ia dapat tetap masuk ke Gattaca. Ia dipertemukan dengan Jerome (Jude Law), seorang 'hasil rekayasa genetik' yang merupakan atlet renang, namun mengalami kelumpuhan. Vincent pun akhirnya meminjam identitas Jerome agar dapat masuk ke Gattaca. Namun, perjalanan Vincent di Gattaca tidak semulus itu, ia masih harus menghadapi beberapa permasalahan yang hampir membuatnya gagal mencapai impiannya.

Film ini menggambarkan mengenai Vincent, yang merupakan 'underdog' berusaha untuk mencapai mimpinya disaat semua orang berkata tidak mungkin, bahkan adiknya sendiri. Hal tersebut memberikan pesan kepada kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin, bila kita ingin berusaha dan tidak menyerah. The struggle is real. Nothing worth having comes easy..

https://zenov.wordpress.com/2013/01/20/gattaca-fave-quotes/

Hal lain yang dapat saya ambil dari film ini ialah, diskriminasi yang dapat timbul dari adanya rekayasa genetik tersebut, anda tidak dapat melakukan dan meneruskan mimpi anda apabila anda bukan lahir dari tangan ilmuwan, karena anda pasti membawa gen buruk. Diskrimasi sangat jelas terlihat, bukan hanya saat ingin melamar pekerjaan, namun juga saat ada suatu tindakan kriminal, yang terlebih dahulu dicurigai adalah pada 'in-valid', bukan para 'valid'. Keadilan dan hak asasi manusia yang dahulu di-elu-elu-kan rasanya sudah hilang ditelan teknologi.

Film ini dapat menjadi refleksi kita semua, ditengah kemajuan teknologi dewasa ini. Perkembangan teknologi, harus dilakukan dengan pertimbangan banyak hal, bukan semata-mata untuk memuaskan keingintahuan semata.

Secara keseluruhan, film ini cukup menarik untuk ditonton, terlebih untuk anda yang menyukai film genre sains dan fiksi. Untuk segi gambar, mungkin terasa agak 'jadul' padahal seharusnya film ini di masa depan, karena film ini juga dibuat 18 tahun yang lalu, hehe.

Selamat menonton dan selamat menikmati! Let me know of your opinion if you've already watched it :D


Bonus: Om Jude Law
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/4f/c5/a0/4fc5a0fa5a918ddd370bbe6dbd228128.jpg

Sumber
https://zenov.wordpress.com/2013/01/20/gattaca-fave-quotes/
http://www.imdb.com/title/tt0119177/









Comments

Popular Posts