Chromemu, Gayamu, Temamu!

Google Chrome kini kian eksis dikalangan para pengguna internet. Pasalnya, kini web browser yang satu ini banyak menarik perhatian para netter. Chrome kini banyak digunakan sebagai web browser untuk berjelajah internet. Nah, seperti yang kita tahu salah satu fasilitas unggulan di Chrome adalah Google Chrome Store-nya. Ada berbagai macam aplikasi dan tema yang dapat kita gunakan di Chrome kita. Ternyata, kita bisa loh bikin tema sendiri dan menguploadnya untuk dipakai khalayak. Mau tau? Yuk kita cek!



Kalo kita liat, di Chrome Store banyak terdapat tema-tema kan? Nah aku sempet mikir, darimana mereka bikin tema-tema begitu? Apakah mereka harus mengerami telur supaya tema-tema itu keluar?!?!? Atau mereka gali-gali tanah biar dapet tema?!?! Lantas gimana cara bikinnya?!?! Setelah browsing-browsing ternyata, di Chrome Store sendiri pun ada aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tema Chrome, yaitu Theme Creator dan My Chrome Theme.

Meskipun fungsinya sama, tapi secara fasilitas kedua aplikasi ini beda banget! Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau gitu, mari kita bahas satu-persatu.

1. Theme Creator
Theme creator menyediakan fitur yang lebih lengkap daripada My Chrome Theme, namun dalam proses pembuatannya juga lebih lama daripada My Chrome Theme. Di Theme Creator, kita bisa memilih sendiri warna status bar, ntp text, buttons, control buttons, gambar background, gambar untuk toolbar, dll. Kalau memang mau temanya yang "waw" banget, bagusnya memang pake Theme Creator tapi ya lebih ribet. Di Theme Creator ini, kalau temanya sudah jadi bisa kita download dan di share atau kita langsung pake loh.

2. My Chrome Theme

Kalau yang ini lebih simpel, cukup upload gambar, klik-klik sedikit dan jadilah tema kita. My Chrome ini sangat sederhana jadi lebih cepat dan mudah dalam membuat tema, tapi memang fiturnya tak sebanyak Theme Creator. Setelah tema kita selesai, kita bisa langsung menggunakan tema kita atau membaginya dengan teman menggunakan url tema kita yang tersedia.

To install, just click:

Selamat berkreasi!

Ini contoh tema debu yang aku buat dan aku pakai di chromeku :



Ini chromeku, apa chromemu?



Comments

Post a Comment

Popular Posts