16 - Hanya sebentar lagi

Salam..
Hari ini hujan lagi, ah senangnya bisa merasakan sejuknya hujan hari ini meskipun hujannya tampak sedikit menakutkan hari ini.

Hari ini aku berpikir kembali, melihat kalender. Bulan apa sekarang? Februari! Sungguh, sangat dan sangat tidak terasa sudah Februari dan itu artinya mendekati hari kelahiranku. Hari dimana umurku bertambah satu, dan waktuku berkurang satu tahun. Sungguh, waktu itu sangat cepat.

Kalau dihitung-hitung, tahun ini aku berumur 16 tahun! 16! 16! Mengapa waktu begitu cepat? Aku tak pernah menyadari sudah 16 tahun aku hidup di dunia ini. Bertemu wajah-wajah, mendengar suara dan cerita. Terkadang aku berpikir, sudahkah aku menemukan 'aku'? Aku yang berumur 16 tahun?

Aku berpikir, tentang apa yang telah kulakukan selama 16 tahun aku menempati bumi ini.


Apakah aku mengecewakan-Mu?
Apa saja bekalmu?
Sudahkah aku membuat mereka tersenyum? 
Sudahkan aku membuat mereka bahagia? 
Atau aku hanya membuat mereka sedih? Menangis?
Apakah aku menjadi aku?


Terkadang malu, melihat mereka yang mampu berjuang demi masa depan mereka. Mereka-mereka yang sukses, menata mimpi dan mewujudkannya. Lalu apakah aku sudah seperti mereka? Mampu berjuang? Masa bayi, balita, TK dan SD ketika aku masih bermain ceria tanpa beban telah kulalui. Masa-masa SMP, yang merupakan masa penuh kelabilan, suatu peralihan. Tak terasa kini aku berada di SMA, masa mengenal dunia lebih luas, dipertemukan oleh orang-orang yang luar biasa, masa ke'galau'an, masa penentuan masa depan, menuju kedewasaan. Mau kemana, kamu, Az?

Sungguh, hal ini terus bergelayut dipikiranku.
Apa yang telah kau lakukan, Az?" 
Aku terngiang oleh kata-kata itu. Seakan menghantuiku.
"Apa yang telah kau perbuat? Kau, kini 16 tahun. 16 tahun sudah kau berada di bumi-Nya! Apa yang kau perbuat? Apa yang akan kau perbuat? Mau kemana kau? Apa tujuanmu?"


Hingga kini ia masih bergelayut. Ah, 16 tahun!

Comments

Popular Posts